Ciri khas Pendidikan Al Azhar Syifa Budi adalah Spiritualisasi Pendidikan, yakni dengan mengintegrasikan ruh/nilai-nilai Islam ke dalam setiap proses pendidikan, dengan tujuan agar ilmu pengetahuan dan tekhnologi (iptek) terintegrasi dengan iman dan taqwa (imtaq) di dalam diri peserta didik.
Sasarannya adalah agar peserta didik memiliki keyakinan di dalam hati secara islami, melalui ucapan lisannya secara islami, dan merealisasikannya dalam perbuatan secara islami pula, atau secara ringkas sering disebut tiga matra terintegrasi : I’tiqadul qalb (amaliah hati), iqrarur lisan (amaliah ucapan) dan ma bil arkan (tindakan nyata). Ketiganya terintegrasi dalam satu kesatuan sikap dan tingkah laku, baik sebagai makhluk individu (fardiyah) maupun anggota masyarakat (jama’iyah).
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka spiritualisasi pendidikan ditempuh dengan cara:
Melalui kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum dilakukan penjiwaan agama Islam, demikian juga dalam proses pembelajarannya.
Menerapkan nilai-nilai dan kultur islami sejak siswa datang sampai pulang dari sekolah. Misalnya dengan menerapkan 6S: Senyum, Salam, Salaman, Sapa, Sopan, dan Silaturrahim, bertutur kata dan berperilaku sopan, gemar memaafkan kesalahan orang, gemar berkarya, menghargai orang lain, dan lain-lain.
Peserta didik dibimbing dan dilatih untuk beribadah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bimbingan dan latihan yang biasa dilakukan adalah ibadah wudhu, shalat Dzuhur berjamaah, shalat dhuha, shalat ghaib, puasa, zakat, infaq, dan pendistribusian daging qurban.
Memberikan kewajiban kepada setiap warga sekolah hendaknya menjadi tauladan Pimpinan, guru menjadi tauladan bagi siswanya. Siswa menjadi tauladan bagi siswa yang lainnya.
Dengan mewajibkan setiap siswa kelas 5 mengikuti program pesantren latihan.
Seluruh siswa dibimbing untuk menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yang didalamnya berisi kecakapan umum dan khusus bidang keagamaan yang harus dikuasai oleh siswa.
Disamping mengembangkan Spiritualisasi Pendidikan, Al-Azhar Syifa Budi juga mengembangkan Pendidikan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa sebagai implementasi pilar pendidikan ‘Kebangsaan’. Berikut ini adalah nilai-nilai yang dikembangkan:
NO |
NILAI |
DESKRIPSI |
1 |
Religius |
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain |
2 |
Jujur |
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
3 |
Toleransi |
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya |
4 |
Disiplin |
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketenyuan dan peraturan |
5 |
Kerja Keras |
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. |
6 |
Kreatif |
Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang dimiliki |
7 |
Mandiri |
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. |
8 |
Demokratis |
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain |
9 |
Rasa Ingin Tahu |
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. |
10 |
Semangat Kebangsaan |
Cara berfikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
11 |
Cinta Tanah Air |
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, social, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. |
12 |
Menghargai Prestasi |
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain |
13 |
Bersahabat/Komunikatif |
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. |
14 |
Cinta Damai |
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinyua. |
15 |
Gemar Membaca |
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebijakan bagi dirinya |
16 |
Peduli Lingkungan |
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi |
17 |
Peduli Sosial |
Sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan pada orang lain dan masyarakat yang m,embutuhkan. |
18 |
Tanggung Jawab |
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, social dan budaya), Negara dan Tuhan Yang Maha Esa. |