#FIELDTRIP KELAS III-Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


 wahyu  November 23, 2015  Sekolah Dasar


Dimulai dengan kunjungan ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK). Di PPIPTEK tersedia sarana pembelajaran iptek yang memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk melihat dan mempelajari rahasia dan gejala alam yang diperagakan, mempelajari dengan menggunakan indera pendengar, pencium, dan peraba melalui manipulasi, operasi dan eksperimen. Melalui peragaan dan program, siswa diberi kesempatan untuk menjajagi fenomena dan khasanah iptek secara mandiri, dan kelompok, agar siswa terinspirasi dan daya kreativitas serta inovasi siswa meningkat.

Kunjungan kedua yaitu Museum Air Tawar & Museum Serangga yang merupakan salah satu wahana untuk memperkenalkan keanekaragaman dunia ikan dan serangga sekaligus merangsang keinginan dan kepedulian siswa terhadap perannya di alam. Museum Air Tawar menampilkan koleksi istimewa yang berasal dari dunia air tawar asli Indonesia antara lain Arwana, hiu gergaji, tapah, ikan sumpit,ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga koleksi jenis ikan yang berasal dari beberapa negara, antara lain arapaima, piranha dari sungai Amazon di Amerika Selatan, ikan buta, ikan kupu-kupu, ikan chinese high fin dari sungai Yangtze-Cina, serta kelompok ikan kecil guppy, molly, dan platy.

Kunjungan ketiga adalah ke Museum Serangga, museum serangga ini memiliki sejumlah koleksi unik yang semuanya berasal dari kepulauan Indonesia. diperkirakan sekitar 16% jumlah jenis serangga yang ada di dunia atau sekitar 250.000 yang hidup di Indonesia. Ada sekitar 600 jenis yang menjadi koleksi Museum Serangga, terdiri atas kupu-kupu yang berjumlah sekitar 250 jenis, kumbang sekitar 200 jenis, dan kelompok serangga lain sekitar 150 jenis. koleksi tersebut disimpan dalam diorama-diorama yang dikelompokan ke dalam jenis serangga kedalam jenis serangga yang terdapat di kepulauan Indonesia, seperti Pesona Kumbang Nusantara yang dapat dilihat di depan pintu masuk, Peranan Serangga dalam Ekosistem dan Pelestarian Kupu-kupu Bantimurung, serta Serangga-serangga di Pekarangan, dan kotak-kotak koleksi yang menampilkan kelompok serangga lain. Hampir semua koleksi museum berupa serangga mati yang sudah diawetkan. Museum ini sungguh menarik dan layak untuk dikunjungi. dengan berkunjung ke tempat ini, kita diajak untuk mengenal lingkungan dengan ekosistemnya. 

Siswa mengakhiri kunjungan dengan mengunjungi Teater 4D. Menonton Bioskop dengan efek 4 dimensi menurut siswa lebih asik dari pada nonton film bioskop biasa. Siswa merasakan seakan-akan gambar muncul dan ingin menyentuh kita. Kegiatan fieldtrip ini bertujuan merangsang siswa untuk menemukan hal-hal yang baru diluar dikelas. 

 

3195-DSC_0020.JPG



 Tag: Sekolah dasar, Fieldtrip, TMII, Outing class, Galeri Sains
Permalink | | Terakhir di update : 1448267563