#Filedtrip Kelas 4 Galeri Sains Sabuga dan Museum Geologi


 ikhwansm  November 21, 2015  Sekolah Dasar


Pada tanggal 18 Nopember 2015, SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening, khususnya kelas 4 melakukan kegiatan outing class atau fieldtrip ke Galeri Sain Sabuga dan Museum Geologi, Bandung. Tujuan dari program field trip adalah membangun identitas bangsa dengan budaya dan tekhnologi. 

Siswa berangkat pukul 06.30 dan dilepas oleh Kepala SD Al-Azhar SYifa Budi Jatibening. Sekitar pukul 11.00 rombongan tiba di Bandung. Lokasi petama yang dituju adalah Galeri Sains Sabuga. Di tempat tersebut terlebih dahulu siswa menonton film yang berjudul Fire of Rings di Dome Theatre. Dome Theare adalah teater  dengan layar yang berbentuk kubah dan satu-satunya di Indonesia. Disini siswa akan mengalami pengalaman yang menarik pada saat menonton pertunjukan, seakan-akan siswa ikut merasakan apa yang terjadi di film tersebut.

Setelah menonton di Dome Theatre, siswa kemudian diarahkan memasuki ruangan Galeri Sains. Galeri Sains merupakan ruang pameran alat-alat peraga IPTEK yang mencakup ilmu pengetahuan fisika, kimia dan otomotif. Di Galeri Sains Siswa dapat mencoba semua alat-alat peraga yang tersedia., seperti Capture Shadow, Flow Motion, Trace The Star, Bicycle Gyro, Fun House Mirror, dan juga banyak alat peraga lainnya. Seteah memperaktekan alat peraga yang tersedia, diharapkan dapat menumbuhkan siswa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lokasi kedua yang dituju oleh rombongan siswa adalah Musieum Geologi. Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang sudah menjadi bangunan bersejarah di kota Bandung, sehingga menarik minat banyak siswa untuk datang. Di museum tersebut siswa menjumpai Ruang Geologi Indonesia.  Pada ruang ini diperagakan asal mula bumi, struktur dan pergerakan kerak bumi, batuan dan mineral, pelapukan dan erosi, geologi pulau-pulau di Indonesia, gunungapi dan kars. Di ruang Geologi Indonesia juga dilengkapi dengan video interaktif. Kemudian siswa diajak ke Ruang Sejarah Kehidupan, Ruangan ini terdapat di sayap sebelah Timur, di dalamnya terbagi kedalam 4 sudut peraga (Pra Kambrium dan Paleozoikum, Mesozoikum, Kenozoikum yang terdiri dari Zaman Tersier dan Zaman Kuarter), 1 sudut dunia fosil untuk memahami peragaan dan informasi  yang disajikan, terdapat juga informasi tentang sejarah terbentuknya kota Bandung, peninggalan artefak dan fauna yang hidup di kota Bandung. 

9627-DSC_0139___.jpg 

Kemudian siswa diarahkan ke Ruang Sumberdaya Geologi. Ruangan ini berada di lantai 2, di dalamnya terdapat 8 sudut peragaan yaitu pengenalan Sumber Daya Geologi, Mineral Logam, Mineral Non Logam, Batu Mulia, Minyak dan Gas Bumi, Batubara, Panasbumi dan Sumber Daya Air. Setelah dari Ruang Sumberdaya Gelogi, siswa diajak ke Ruang Manfaat Dan Bencana Geologi. Ruangan ini terdapat dilantai 2 sayap sebelah barat, di dalam ruangan ini disajikan Informasi tentang pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman ke zaman yang dimulai dari zaman pra sejarah, zaman sejarah dan zaman modern, serta informasi tentang bencana geologi (Gempabumi, Gunungapi, Tanah Longsor dan Tsunami).

Setelah selesai mengikuti kegiatan di Museum Geologi, kemudian siswa kembali lagi ke sekolah megganakan bus. Alhamdulillah perjalanan pulang berjalan dengan lancer dan tiba disekolah sekitar pukul 05.00 sore.

 



 Tag: Sekolah Dasar, Fieldtrip, Outing Class, Galeri Sains, Museum Geologi
Permalink | | Terakhir di update : 1448097366